Jumat, 16 November 2012

cerita pendek


by:Gebi
Harapan kosong
Naura yang sedang berdiri di depan pintu kelasnya memanggil keras Grace yang sedang kebingungan mengerjakan PR .“Grace cepet kesini,Abel tuh lewat!!”.Grace menjawab “sumpeh lo?”.Naura perlahan mengangguk dan Grace pun menghampiri Naura di depan pintu.”ah,lo bisanya cuma ngibul aja.apa sih maksud lo?”.sambil tersenyum Grace berkata kepada sahabat satu-satunya itu.”lo,sih kelabakan gitu ngerjain PR nya.nyontek kok kelabakan sih?”. Naura menjawab.“iya beb,hari ini gua belum ngeliat Abel si pangeran berkuda.sampe sekarang gua Belum ngeliat senyumannya yang mengalihkan dunia!”. Naura bergumam dalam hati.“emang Abel pernah senyum buat lo?dasar Grace-Grace”.
Abel adalah seorang lelaki kelas 2 SMA sandra van yang satu sekolah dengan Grace juga Naura.Abel adalah sosok laki-laki keren yang mahir dalam olahraga berkuda.

Haru memanggil Abel “Bel,Jemima nitipin ini nih buat loe” Haru membawa sebuah coklat.Abel mengerutkan kening dan berkata “apaan coklat yaa??” Haru menjawab dengan senyuman “memang apalagi,menurut lo ini baso gitu?!” mereka berdua tersenyum dan tertawa.di waktu yang sama Fajri,Adnan,dan Samy menyapa Abel dan Haru.
Samy “kata Pak Tio,besok kumpul okee.di pacuan kuda biasa cuy,”.Abel bertanya.“perasaan di mading gak ada deh pengumumannya?”.pengumuman yang bisanya juga turut mengundang penonton siwa-siswi SMA  sandra van.Samy lalu menjawab “on the way bro,baru di print di TU”.Abel mengerti dan bertanya pada Fajri  “ohhoho,si Sabrina di kelas sifatnya gimana?.gua ngeceng dia!”Fajri,Samy dan Adnan juga Sabrina berada di kelas yang sama.lalu Haru menyambar “hah,gua juga suka sama doi.masa kita Harus saingan sih,buat dapetin Sabrina?”Abel terBelakak dan mereka berdua tersenyum juga tertawa.
Di pacuan kuda Abel sudah siap menunggangi kudanya dan siap bertempur”Bel,tunjukin diri lo yang sebenarnya”Abel berkata dalam hati.Abel merasa berkuda adalah saat dimana jiwanya menjadi diri sendiri dan inilah Abel,Abel yang sebenarnya.
Di tribun penonton Abel pun tidak berHarap siapa atau apa datang mendukungnya hanya ada suatu kejanggalan saat Abel melihat tribun penonton dia melihat agak samar hanya ada seorang gadis yang imut berambut panjang,hanya itu yang dia lihat sisanya adalah beberapa orang laki laki saja.latihan  pun di mulai.1... 2... 3... selang beberapa menit Abel mengelilingi lapangan dan keluarlah juaranya Abel.dan saat itu pula Abel bertanya pada sahabatnya Haru”Haru lo liat cewek gak di sana sendiri,siapa sih?”Abel sambil menunjukan ke arah perempuan tadi.Haru melihat sosok perempuan yang sedang tersenyum .”oh,dia anak sekolah kita juga kelas 2 IPA pula masa lo gak tau sih?”Abel kebingungan”yakin?gua gak pernah liat dia?”Haru menggelengkan kepala”Har,samperin yuk!.”Abel mengajak Haru.”ayu aja”Abel dan Haru segera turun dari kuda-kudannya dan menghampiri Grace.      
Grace melihat Abel dan satu temannya berjalan menuju tempatnya,Grace kebingungan.mau ngapain mereka kesini.hati Grace berdegup kencang melihat sosok Abel berlarian menuju arahnya.”jantung gua...sumpah Tuhan jangan biarin jantung gua jatuh disini please Tuhan!!”Grace berbicara pelan.Abel dan Haru sampai ke tempat Grace duduk.jantung Grace berdegup dua kali lebih kencang.Abel bertanya pada Grace”hai,lo siapa?lo anak SMA sandra van?”.Grace hanya terdiam membisu.sosok laki laki yang diidamkanya berada dekat dengannya.Abel pun melambaikan tangan di depan muka Grace,dan Grace tersadar.Haru pun tersenyum lalu Grace menjawab tergagap-gagap”gu...gua Grace,iyya gua anak sma sandra.lo Abel Fahlevi kan?”.Belum sempat menjawab Suasana pun menjadi mendung dan hujan deras datang Abel yang saat itu kebetulan memakai jaket langsung membuka jaketnya dan di berikannya ke Grace.Haru pun tersenyum melihat perlakuan Abel.mereka berlarian menuju tempat teduh.Haru berkaata dalam hati “sumpah,gua baru liat Abel kaya gini,biasanya kan dia cuek sama cewek”.lalu Haru melihat Grace yang sedang tersenyum milihat wajah Abel.Grace Hari ini bahagia dia tidak menyangka semuaanya menjadi seperti ini walaupun hujan deras membasahi tubuhnya.saat sampai di tempat teduh Haru berbicara “Gel,Grace gua duluan ya ke base camp!”.Haru menujukan pintu di Belakang seBelah kanan.tanpa dijawab Haru pun pergi meninggalkan mereka berdua.”Grace lo duduk dulu aja disini ntar gua balik lagi oke!”.Abel pun meningalkan Grace sendirian.
Grace merasa sangat sangat behagia penantiannya selama ini bisa berkenalan dengan Abel akhirnya terkabul juga.
Abel menuju base camp,Haru bertanya “Bel,si Grace udah balik?”.”tuh disana!” jawab Abel.Haru hanya terdiam sejenak dan melanjutkan pembicaraan dengan teman-temannya.Abel lalu mengambil hand phone dan melihat ada sms Abel berbicara keras penuh dengan kebahagiaan di depan teman-temannya.”gua,diajak ngedate sekarang sama Sabrina broo.” Fajri yang ada ditempat berbicara “yakin lo”.Abel menjawab sambil mengganti kaosnya “cius cuy,one hundred persent!”.Abel langsung pergi meninggalkan base camp.
“Abel mana sih?.masa gua di tinggalin disini sendirian”.Grace bergumam dalam hati sambil menguap.”jadi ngantuk kan gua..”tak terasa Grace pun tertidur di kursi duduknya.
”bro,gua duluannya!!”Haru berbicara kepada teman-temanya sambil meninggalkan base camp.saat keluar dari base camp Haru melihat seseorang berambut panjang tertidur di kursi.Haru agak takut tapi dia mendekat.Haru kaget melihat Grace yang tertidur di kursi.Haru berkata dalam hati “padahal inikan sudah jam tujuh malem”.Haru melihat ekspresi muka Grace yang lucu lalu dia berfikiran untuk memfotonya.
Jepret,suara handphone dan cahaya blitz menyambar muka Grace,Grace pun terbangun.cepat-cepat Haru memasukan handphone nya kesaku celana dan Grace pun berbicara”Abel mana Haru??”dengan mengusap mata.”Abel dari tadilah udah balik dia ngedate sama Sabrina” Haru menjawab.Grace merasa seperti ada sambaran petir di hatinya yang membuat hatinya hancur air mata hampir keluar dari matanya tapi Grace berusaha menghilangkan rasa pedihnya lalu Grace berdiri,”Har,gua duluan ya balik”.”eh tunggu”Haru mencegah Grace untuk meninggalkanya sambil menarik tangannya.”lo pulang bareng gua aja rumah lo dimana sih?ini masih ujan loh”Haru masih memegang tangan Grace. Grace melepaskan pegangan tangan Haru”rumah gua di baHarudin komplek voli”.dalam hati Haru bergumam sejenak”kenapa dilepasin sih padahal tangan lo hangat lembut,gua ngasa aneh pegang tangan lo”.”waduh jauh banget rumah lo mau gua anterin?”Haru memberikan tawaran.”gausah deh gua naik bis aja!”Grace menjawab.”ah lama lo gua anterin aja,gua gak akan apa apain lo.ini udah malem Grace,gua juga mau jemput mami di baHarudin mall.kalo lo gak percaya sama gua nih pegang handphone gua yang udah gua set ke nomer kantor polisi.” Grace hanya terdiam mendengar omongan panjang Haru.Grace masih terdiam memikirkan Abel yang ngedate sama Sabrina.”ah lo bengong aja” Haru menarik tangan Grace dan mengajaknya masuk kemobil dengan membukakan pintu untuk Grace.Grace masih terdiam saat Haru menancapkan gas.”rumah lo yang mana?” Haru menghentikan mobil.Haru tidak menyangka kalau Grace tertidur di mobilnya,lalu Haru membangunkan Grace “Grace bangun” sambil mencubit  hidung Grace yang pesek.”hah?apa?dimana?siapa?” Grace menjawab.rumah lo dimana?”.tuh di depan yang cat biru item Har!”.sampai di rumah Grace,Grace pun turun dan memberikan handphone Haru dan berkata “thanks ya Har,makasih banyak udah ngenterin gua pulang”.Haru tersenyum dan pergi meninggalkan rumah Grace.
Saat pagi yang cerah menyapa.Grace tersenyum melihat sepasang burung terbang bersama dan saat itu pula Grace melihat Abel turun dari motor ninja hitamnya Abel lalu berlali kecil melewati beberapa teman di depannya yang akan masuk ke pintu sekolah dalam hati Grace berbicara.”Abel tunggu gua,Bel liat gua kali ini aja!!” penuh Harap.akhirnya Grace berlari sampai akhirnya ia berjalan tepat diBelakang Abel.”Abel....”panggil Grace.sesaat Grace berhenti karena melihat Abel menyapa Sabrina di depan matanya dan memegang tangan Sabrina.Grace hanya terdiam lalu menundukan wajahhnya “Tuhan...Sabarkan gua” bergumam Grace dalam hati.
Sesampainya di kelas “Naura cantik” Grace menyapa sahabatnya yang sedang mengobrol dengan teman-temannya. “pagi,jelek..” jawab Naura tersenyum sambil meninggalkan teman-temannya.Grace cemberut mendengar jawaban Naura.”gimana di pacuan kudanya?” tanya Naura sambil memegang tangan Grace.
Grace adalah tipe orang yang selalu merahasiakan apa yang terjadi padanya. Sambil melepaskan Naura ”kemarin, gak ada apa-apa sih.cuman... Abel minjemin jaketnya ke gua”.”cie.... terus-terus?” jawab Naura penesaran.”udah gak ada apa-apa lagi beb,gua lagi nunggu Abel lewat nih mau ngasihin jaketnya!”jawab Grace.”ah payah lo,” Naura menjawab dengan kesal.
Waktu Belajar pun berlangsung dan sekarang waktunya istirahat. “Grace,apa ada yang namanya Grace dikelas ini??”.Abel bertanya pada semua orang yang ada di kelas 2-5 IPA.Grace menghampiri Abel sambil membawa jaket Abel.”makasih ya jaketnya!”.Abel hanya tersenyum. Abel berbisik kepada Grace karena Grace pendek jadi Abel menunduk “lo mau gak ke kantin,traktir gua makan gitu”.Grace hanya tersenyum dan berkata “gua mau,mau banget”Abel tidak menanggapi perkataan Grace yang “mau banget”.Abel dan Grace menuju kantin “Bang buat gua biasa ya,Grace lo apa?”.”sama aja kaya lo,”Grace menjawab. ”yakin,porsi gua besar lo?”tanya Abel.”oh gua mie ayam aja pake es teh susu”
Makanan pun datang mereka makan bersama dan Abel mengajak Grace ngobrol “Grace mau curhat dong”.”mau curhat apa Bel”.Grace bahagia karena baru kali ini ada sosok laki-laki yang curhat dengan dia.Grace berkata dalam hati “Tuhan terimaksih karena aku telah di pertemukan dengan Abel”.Abel pun mulai curhat “Grace lo tau kan gua ngedate sama Sabrina,gua cinta banget sama Sabrina tapi gua gak yakin Sabrina suka sama gua menurut lo gimana?”
Grace hanya menunduk terdiam mendengar perkataaan Abel walaupun sangat-sangat perih,Grace tetap berusaha menjawab “gua gak bisa jawab apa-apa,gua kan Belum pernah ngerasain yang namanya pacaran,Bel”.”yah,tapi yakin lo Belum pernah pacaran” Abel menjawab.sementara Naura datang “cie.... hei lo,gua pinjem Grace sebentar ya,!”.
Naura menarik Grace pergi ke sebelah kantin “Grace,Abel semalem ngedate ya,terus lo gimana?”.Grace mengeluarkan air mata kesedihan yang dia pendam sejak tadi dan memeluk Naura “Nau,ini pedih banget” Grace berkata pada Naura,Naura menjawab “Sabar aja Grace, kalo jodoh gak kemana kok,!” sambil mengelus punggung Grace.
Grace mencoba menghentikan air matanya yang keluar dan mencoba menghapusnya dari pipinya.”Nau,gua ke Abel dulu ya”Grace masih menghapus bekas air mata di pipinya.”iya sayang Sabar ya”jawab Naura.Grace pun pergi kembali ke mejanya dengan Abel.Naura masih berdiri di sebelah kantin melihat Grace berjalan menuju Abel dan bergumam dalam hati “Tuhan bantulah Grace menuju cita-cita nya bersama Abel”.
Abel melihat Grace dengan kaget “lo kenapa Grace,kok  matanya merah.Grace menjawab “gak apa-apa Bel,gua kelilipan tadi,”.Abel “oh...”.”Sabrina”panggil Abel.Sabrina menghampiri Abel dan berkenalan dengan Grace.”hy gua Sabrina.lo Grace ya,Abel kemarin cerita banyak tentang lo”.
Grace hanya terdiam sambil bergumam dalam hati.”Tuhan Sabrina cantik, baik, tinggi, pokoknya perfect,Tuhan apa sebenarnya maksud Sabrina Abel menceritakan semua tentang gua,emang Abel tau apa tentang gua?” Abel masih makan dan ngobrol dan terseyum dengan Sabrina “Tuhan senyuman Abel beda dan gua di cuekin!!” .Grace ”Bel,Sab gua ke perpus ya,” tanpa dijawab Grace meninggalkan Abel ke wc bukan ke perpus dengan berlarian Grace menuju wc dan meluapkan kesedihannya di wc.
Sambil duduk di closet Grace menagis tersedu-sedu sambil memegang dadanya “ Ya Tuhan kenapa rasa ini seperti Harapan yang kosong. Ya Tuhan kalo begini jadinya hapuskanlah perasaan gua.kenapa semakin Hari perasaan ini semakin besar Tuhan, Tuhan apa gua salah mencintai Abel” Grace masih menangis dan bel tanda masuk pun berbunyi.Grace segera menghapuskan air matanya dan mencoba meredam air matanya untuk keluar.
Saat keluar dari wc Haru,Fajri,Samy menyapa Grace “Gracesia Viola”.Grace berbalik dan melihat ada tiga laki-laki di Belakangnya dan hanya satu yang dia kenal,Haru.”hy Har,”jawab Grace.”eh mata lo kenapa,abis nangis yaa..” tanya Haru.enggak kelilipan pasir pas dikantin.pasir kata lo,”bro emang di sekolah ada tumpukan pasir”.Grace“duluan ya Har”.Grace berlari menju kelas dan meninggalkan mereka ber-tiga.
Pagi yang cerah ini Grace menuju sekolah dengan bahagia karena Grace menyiapkan bento sepesial untuk Abel.”bel,ini gua bikinin bento buat lo makan ya!”.Abel hanya tersenyum sambil mengambil bento buatan Grace dan berkata “kayanya enakkan masakan Sabrina deh dari pada bento lo!” sambil meninggalkan Grace.Grace hanya diam membisu.
Keesokan Harinya Abel dan Haru mengajak Grace dan Naura untuk makan bersama di kantin.saat di kantin Abel berkata pada Grace “Gracesia mau ngobrol?” Grace menjawab “iya,ayu mau ngobrolin apa?”.pada saat itu Haru dan Naura mengobrol dan mengacuhkan pembicaraan Grace dan Abel.
“semalem gua nembak Sabrina,kerenkan gua?”.Grace dengan patah hatinya menjawab “iya lo,memang keren”.Abel “lo,kok gak ngasih saran sih.?”.Grace “gua gak punya saran apa-apa bel”.setelah selesai makan dan menuju kelas Grace menumpahkan segalanya ke Naura kesedihan,kekecewaan,kehampaan,kehancuran.Grace menangis tersedu-sedu di samping Naura dan Naura berbicara sambil menghapuskan air mata Grace “si Abel itu goblok ya”.Grace menjawab “udah Nau aku gak apa-apa kok!”
Dan sampai akhirnya Grace tau bahwa Abel dan Sabrina pacaran.kali ini Hari-Hari Grace menjadi kelabu.semua Harapan-Harapan terindahnya kini berubah menjadi Harapan kosong. Hari-Hari Grace di penuhi kesedihan karena Abel setiap Hari dan setiap saat selalu menceritakan tentang Sabrina lewat handphone di sekolah.ya walaupun benar –benar sedih tapi Grace berusaha menahan semuaanya.menahan perasaanya yang besar untuk Abel.
Hingga di suatu saat Grace jatuh sakit.Naura menjenguk Grace di rumah sakit “Grace lo sakit apa,Grace come back ke diri lo yang sebenernya,yang gak kenal Abel”. Grace “Nau,gua sakit bukan karena Abel kok jadi jangan salahin Abel okee” walaupun terseyum begitu  Naura tau perasaan Grace yang sebenarnya,hati Grace sakit di penuhi kesedihannya.saat di rumah sakit Grace menunggu kehadiran  Abel.Abel pun tak kunjung datang.
Grace sembuh dan Grace memberanikan diri mengirimkan sms  untuk Abel.

Abel
+6281234567890


Bel,gua mau ngomong sama lo,sekarang ya di taman komplek voli jam 5 oke


Gracesia
+6285678901234
                                                                                                                                                                           
Sip.gua juga mau curhat
 
                                                                                                                                                                           

 Jam pun berlalu,tapi Grace tetap menunggu Abel.Abel pun datang sekitar jam 6.Abel melihat sosok wanita yang duduk di bangku taman yang ditemani sepedanya.”Grace..” Abel memanggil Grace.Grace langsung berdiri dan balik badan “Abel” sambil tersenyum.Abel masih berdiri dan tidak mau beranjak menuju Grace entah mengapa mungkin Abel ingin Grace menghampirinya.Grace pun menghampirinya dan lansung memeluk Abel dengan erat.
Dalam pelukan ini detak jantung Grace bisa Abel rasakan dan,detak jantung Abel pun berdetak.Grace menangis dipelukan Abel dan berkata dalam hati “bel,makasih buat selama ini lo udah mewarnai hari-hari gua.”.Abel mendengar tangisan Grace dan refleks tangan Abel melingkar di punggung Grace.
Grace melepaskan pelukannya dan beranjak pergi dengan sepedahnya.Abel hanya terdiam melihat tingkah laku Grace.dan saat Grace pergi Abel menuju motor ninjanya dan merenung sejenak.”kenapa Grace jadi kaya gini ya?ah tau ah ke rumah Sabrina aja deh”.saat sampai rumah,Sabrina pun menyatakan bahwa dirinya kini ingin sendiri “bel,gua mau  kita putus”.Abel kaget”kenapa Sab?”.Sabrina menjawab “udah tinggalin gua sendiri dan sekarang lo keluar dari rumah gua”.Abel hanya beranjak pergi dari rumah Sabrina.
*********************************************************

Grace sudah siap menuju bandara dan  meniggalkan Abel menuju new york untuk melanjutkan sekolahnya dan bertemu orang tuanya.
Abel menemui Haru.”Har,Grace kemana ya?” Haru “lagi di bandara gua liat dia kemarin pagi pamitan sama gua juga Naura”.Abel “Haru gua telat gua baru ngerasain kehilangan Grace sekarang”.Haru ‘’’yaudah cepet lo sekarang ke bandara”
Saat Grace sampai ternyata keberangkatannya di tunda karena cuaca buruk.
Abel pun datang dan saat yang pas Abel melihat Grace sedang duduk termenung.”Graceeeeeeeeeeeee” Abel memanggil dan  memegang tangannya.”bel,lo ngapain kesini?”Grace.Abel”gua suka sama lo maaf kalo gua telat”
Grace pun kaget lalu Grace pun memeluk Abel dan sekarang mereka hidup bahagia.
Cinta berawal dari mata turun ke hati.Cinta adalah sebuah penantian yang besar.Cinta bisa megubah segalanya.Cinta adalah hal yang tidak bisa dibeli.Cinta itu buta,maka kita jangan di butakan oleh cinta.Cinta bisa mengubah segalahal,jangan sia-sia kan cinta yang datang menghampiri kita.Cinta itu tidak bisa diselali.Cinta membawa kita kepada kebahagiaan.Cinta adalah ketika aku dan kamu menjadi kita.
TAMAT

0 komentar:

Posting Komentar